Residensi Penulisan Sastra

02/09/2024

Komunitas Sastra Yayasan Langgam Pustaka Indonesia melalui Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Periode II Tahun 2024, Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia akan menyelenggarakan program Residensi Penulisan Sastra dan Festival Sastra yang bertujuan untuk membuka lahan praktik bersastra yang berpengaruh pada perkembangan proses kreatif dengan memberikan ruang dan waktu yang intens kepada peserta program untuk berkarya.

Dalam pelaksanaan program Residensi Penulisan Sastra, terdapat ketentuan-ketentuan sebagai berikut,

  1. Program ini dibatasi hanya untuk 10 orang penerima manfaat yang direkomendasikan oleh komunitas Sastra/masyarakat umum di Tasikmalaya.
  2. Calon peserta penerima manfaat program Residensi Penulisan Sastra diwajibkan mengisi Form pendaftaran (KLIK UNTUK DAFTAR).
  3. Proses seleksi 10 calon penerima manfaat akan ditentukan oleh panitia.
  4. Kelengkapan persyaratan dan rekomendasi dari komunitas asal calon penerima manfaat akan menjadi pertimbangan panitia.
  5. Calon penerima manfaat program Residensi Penulisan Sastra Bersedia berada di lokasi kegiatan yang dimulai dari tanggal 8 s.d 14 September 2024.
  6. Kebutuhan makan calon penerima manfaat selama berada di lokasi kegiatan program Residensi Penulisan Sastra akan ditanggung oleh panitia dengan porsi 3 kali/hari.
  7. Calon penerima manfaat program Residensi Penulisan Sastra yang dinyatakan lolos untuk mengikuti rangkaian kegiatan program Residensi Penulisan Sastra diwajibkan membawa berkas persyaratan fisik sesuai dengan yang dipersyaratkan di dalam Form Pendaftaran, yakni:
  1. KTP asli
  2. NPWP asli
  3. Surat rekomendasi Komunitas
  4. 3 puisi karya sendiri
  1. Calon penerima manfaat program Residensi Penulisan Sastra diwajibkan membawa kebutuhan pakaian dan kebutuhan pribadi sesuai dengan jangka waktu pelaksanaan program Residensi Penulisan Sastra.
  2. Calon penerima manfaat program Residensi Penulisan Sastra yang telah dinyatakan lolos bersedia agar karya-karyanya dimuat dan diterbitkan.

Adapun rangkaian program Residensi Penulisan Sastra adalah sebagai berikut,

  1. Peserta berkumpul di lokasi yang ditentukan panitia mulai tanggal 8 s.d 14 September 2024 (7 hari)
  2. Calon penerima manfaat Program Residensi Sastra akan dimentori oleh empat orang mentor yang merupakan Sastrawan Nasional.
  3. Setelah menerima rangkaian materi, calon penerima manfaat Program Residensi Sastra akan diminta untuk menulis puisi, kemudian karya-karya tersebut akan melalui tahap inkubasi guna dinilai kelebihan dan kekurangannya oleh para mentor.
  4. Selanjutnya, calon penerima manfaat Program Residensi Sastra kembali diberi ruang untuk menulis 10 puisi untuk diikutkan ke dalam tahap proses kurasi.
  5. Puisi-puisi karya calon penerima manfaat Program Residensi Sastra akan dikurasi oleh kurator untuk diterbitkan menjadi buku antologi puisi.
  6. Puisi-puisi yang terhimpun dalam antologi akan dipublikasi melalui pelaksanaan lomba baca puisi.

*Hal lain yang belum tercantum dalan ketentuan dapat ditanyakan melalui kontak 0812-2023-4330 (Agus Salim Maolana)