WOMEN SPEAK UP! Upaya Perbaikan Ekonomi Harus Dimulai!

22/08/2024

Komunitas Putik Perempuan Indonesia yang beberapa waktu lalu baru saja mendeklarasikan diri, baru saja menghelat sebuah program gelar wicara bertajuk Women Speak Up! "Menciptakan Peluang dari Kreativitas: Jalan Kewirausahaan Puan Berdaya" di Langgam Coffee and Book pada Rabu, 21 Agustus 2024 kemarin.

Program Women Speak Up! sendiri adalah inisiasi antara komunitas Langgam Pustaka Indonesia bersama Putik Perempuan Indonesia yang memiliki kesamaan dan kesepahaman visi, yakni membuka ruang bagi para perempuan untuk berdaya, berekspresi, serta menggali kemampuan dan potensi agar perlahan dapat meningkatkan berbagai keterampilan yang akan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Women Speak Up! rabu kemarin diisi oleh Sri Ajeng Novebrianti yang merupakan salah seorang wirausahawan perempuan di Tasikmalaya. Pasca kegiatan, Fitri Najayanti yang merupakan penggagas berdirinya komunitas ini mengatakan bahwa Kolaborasi antara Komunitas PUTIK Perempuan Indonesia dengan Langgam Pustaka Indonesia dengan Tema  "Menciptakan Peluang dari Kreativitas; Jalan Kewirausahaan Puan Berdaya" adalah kegiatan yang  membahas Pengembangan kewirausahaan perempuan, dilihat sebagai upaya untuk meningkatkan kesetaraan gender dan pengurangan kemiskinan. Memperluas dan membangun bisnis perempuan dapat membuka peluang yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Walaupun tidak terlepas dari Tantangan seperti terbatasnya akses pada pelatihan kewirausahaan, minimnya pemahaman penggunaan teknologi digital, dan kesulitan perempuan dalam mendapatkan akses permodalan dari lembaga formal.

Ada satu hal yang dikutip Fitri Najayanti dari narasumber dalam acara kemarin,  yaitu "Kebahagiaan dan kehidupan adalah tanggung Jawab sendiri" maka dari itu, walaupun bisa saja narasumber yang merupakan wirausahawan tinggal menikmati hasilnya, tapi sampai saat ini beliau masih terjun langsung mengurus bisnis di lapangan.

menurut Fitri Najayanti, Kegiatan seperti harus dilanjutkan supaya ada wadah bagi perempuan untuk saling support dan berbagi dalam hal apapun, menciptakan suasana dan hal-hal positif untuk kehidupan yang lebih tenang serta bahagia tentunya lebih baik.

Vibes Positif sangat diperlukan supaya menjadi perempuan yang waras yang tidak sakit mental ketika kembali ke rumah untuk Berkerja, mengurus rumah, suami dan anak dengan keadaan bahagia.

Terima kasih, para Pelanggam!

Sampai bertemu di Women Speak Up! selanutnya.